Bentuk dan model mobil selalu berubah-ubah, tapi ada satu hal yang nyaris abadi, logo.
Banyak orang menasbihkan diri sebagai pecinta mobil tertentu, namun hanya sedikit orang yang benar-benar peduli maksud dan sejarah dari logo mobil kesayangan.
Logo
tak hanya sekedar simbol identitas visual suatu produk otomotif. Tapi,
logo punya fungsi penting -- memperkenalkan produk ke pasar dunia.
Ada tiga tipe logo mobil yang kini dikenal, berbentu simbol, teks, maupun kombinasi antarkeduanya.
Yang jelas, ada maksud tertentu atau kisah di balik sebuah logo yang bisa membuat penasaran. Ini cerita dan fakta menarik di balik logo mobil-mobil top dunia.
Mercedes Benz
Logo bintang segitiga Mercedes punya arti khusus -- dominasi perusahaan yang meliputi darat, laut, dan udara.
Sedangkan
nama Mercedes berasal dari seorang pengusaha Austria dan pecinta
otomotif, Emil Jellinek. Dia memiliki seorang anak bernama Mercedes.
Jellinek
tak hanya menjual mobil Daimler-Motored-Gesellschaft (DMG) namun
berpartisipasi dalam balap motor pertama di Jerman. Saat itu dia
mengendarai kendaraan yang dibuat DMG di balik nama samarannya,
Mercedes.
Saat itu, Mercedes merujuk ke nama tim dan
pengemudi. Namun, saat ini Mercedes adalah hasil merger dua perusahaan
mobil, Daimler-Motored-Gesellschaft atau DMG, yang didirikan oleh
Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach, serta Benz & Cie, yang
didirikan oleh Karl Benz.
Logo saat ini, bintang dalam lingkaran, diperkenalkan untuk pertama kalinya di 1937.
Audi
Insinyur Jerman, August Hoch mendirikan perusahaan A. Horc & Cie pada 1899.
Satu
dekade kemudian, dia terpaksa hengkang dari perusahaan yang
didirikannya. Tak patah arang, bersama patner bisnisnya, Franz
Fikentscher, dia mendirikan perusahaan baru.
Ketika
mendiskusikan nama perusahaan barunya, putra Fikentscer yang sedang
belajar Bahasa Latin di sudut ruangan menanyakan arti 'audiatur et
altera pars' [bukankah ide bagus untuk menyebutnya Audi bukannya Horch?]
Kata 'Horc' adalah singkatan dari kata 'mendengar' dalam Bahasa Jerman. Sementara Audi adalah kata latin yang juga berarti 'mendengar'.
Kemudian, pada 1932, empat perusahaan yakni, Audi, Hoch, DKW, dan Wanderer merger menjadi satu perusahaan, Auto Union.
Kemudian
dipilihlah logo berupa empat cincin yang bertautan, simbol penyatuan
empat perusahaan yang jadi kebanggaan sekaligus rahmat bagi mereka
hingga saat ini.
BMW
Logo
lain yang menarik perhatian adalah BMW. Berwujud lingkaran terbagi
empat dengan dua warna, putih dan biru langit berselang-seling.
Itu melambangkan baling-baling pesawat yang berputar di langit biru.
Simbol itu relevan dengan sejarah BMW sebagai pemasok utama mesin pesawat terbang, misalnya 'Red Baron' untuk pemerintah Jerman selama Perang Dunia I.
Pada 1918, ketika perang dunia berakhir, pemerintah Jerman menghentikan permintaan mesin pesawat pada BMW.
Kondisi tak punya pilihan saat itu, justru membuat BMW berkreasi. Arah bisnis berubah. Perusahaan tersebut mulai dengan membuat rem kereta api, lalu sepeda bermotor, sepeda motor, dan lalu mobil -- yang mendunia.
Chevrolet
Ada
dua kisah mengenai logo Chevrolet, 'bowtie'. Yang pertama, pendiri
perusahaan, William C Durant terinspirasi kertas pelapis dinding di
sebuah hotel di Perancis. Dia merobeknya untuk dijadikan logo.
Versi
cerita berbeda datang dari istrinya. Dikatakan, inspirasi emblem bowtie
datang dari sebuah surat kabar Virginia -- ketika mereka berlibur di
daerah Hot Springs, Virginia, sekitar tahun 1912.
Ferrari
Simbol 'Cavallino Rampante' alias kuda jingkrak Ferrari ternyata punya cerita menarik.
Simbol
itu aslinya adalah emblem para penerbang Italia dalam Perang Dunia
Kedua. Simbol itu dipakai juga Franceco Baracca -- penerbang Italia yang
gugur dalam perang.
Ketika Enzo Ferrari memulai perusahaan mobil miliknya, dia menggunakan logo tersebut di mobil balap Alfa Romeo, atas dorongan orang tua Baracca.
Kemudian, 'kuda jingkrak' tak hanya dipasang di mobil Ferrari. Popularitasnya melebihi yang diperkirakan. Kini, logo Ferrari bisa ditemukan di sepeda, kaos, dan apapun yang bisa dibayangkan.
Ford
Logo
mobil asal Amerika Serikat ini sederhana, dengan huruf 'Ford' yang
ditonjolkan. Logo ini telah digunakan lebih dari 50 tahun.
Bentuk huruf ini diperkenalkan Harold Wills -- rekan dekat Henry Ford.
Ketika remaja, Wills mencari uang dengan membuat kartu nama.
Ketika rekannya, Henry Ford
mencari logo untuk perusahaannya, Wills menyodorkan set cetakan tuanya
dan model huruf yang digunakan di masa remajanya untuk mencetak kartu
nama.
Pada 1912, lingkaran oval ditambahkan dalam logo Ford. Pada 1927, logo juga mengalami perkembangan, warnanya menjadi biru. Logo terakhir -- oval biru ini dirilis 2003 untuk menghormati 100 tahun Ford Motor Company.
Lamborghini
Beberapa logo mobil mencerminkan selera sang pemilik. Salah satunya logo 'banteng mengamuk' di Lamborghini.
Pendiri perusahaan, Ferrucio Lamborghini adalah penggila matador, sampai-sampai memilihnya sebagai logo perusahaan mobilnya.
Banyak mobil Lamborghini yang diberi nama banteng yang telah mendapatkan penghargaan dalam event-event dunia.
Renault
Perusahaan
Renault didirikan oleh Louis Renault ketika baru berusia 21 tahun. Logo
pertama perusahaan adalah tiga huruf depan Renault bersaudara, Louis,
Ferdinand, dan Marcel.
Perusahaan ini juga punya logo khusus untuk tank militer -- setelah tank ringan produksi perusahaan Renault, FT-17 digemari selama Perang Dunia I.
Logo
bentuk berlian diperkenalkan pada tahun 1925 dan didesain ulang pada
tahun 1972 oleh desainer terkenal Victor Vasarely. Logo yang berlaku
saat ini, berlian dikelilingi persegi kuning adalah simbol kualitas.
Volkswagen
Sederhana
tapi mengena, itu yang menggambarkan logo mobil Volkswagen. Logo VW
adalah adalah satu logo mobil yang paling sederhana dan cepat dikenal di
dunia.
Logo berbentuk V di atas huruf W dengan latar belakang lingkaran warna biru.
Volkswagen dalam Bahasa Jerman berarti 'mobil rakyat'.
Logo ini diperoleh dari hasil kompetisi yang dimenangkan Franz Reimspiess.
Volkswagen punya latar belakang sejarah menarik -- dimulai pada 1930-an, era Nazi Jerman.
Adalah
ide Hitler untuk memulai produksi mobil dengan harga terjangkau untuk
masyarakat. Hitler dan Gercinand Porsche mengeluarkan ide mobil kumbang
Volkswagen yang bisa membawa dua orang dewasa dan tiga anak kecil.
Namun,
pabrik pembuat mobil kumbang lebih banyak memproduksi kendaraan militer
ketimbang mobil untuk rakyat -- membuka kedok di balik maksud Hitler
sebenarnya.
Volvo
Volvo berarti 'saya berputar' dalam bahasa latin. Kata Volvo berasal dari kata latin 'volvere' yang berarti berputar.
Logo Volvo adalah simbol kuno untuk besi -- yakni lingkaran dengan anak panah menunjuk ke atas secara diagonal ke kanan.
Simbol ini juga merepresentasikan 'Mars' dewa perang. Mobil Volvo juga secara tradisional dikenal untuk fitur keselamatan.
Simbol kuno besi digunakan untuk juga mencerminkan tradisi kuat industri besi Swedia.
Logo Volvo terpasang di atas latar belakang biru.
Pasca kekalahan Jerman dalam perang, Inggris mengambil alih pabrik Volkswagen dan mencoba menjualnya.
Awalnya, orang-orang menolak desain kumbang VW, yang dianggap inferior.
Namun, VW berhasil membuktikan dirinya, Volkswagen Beetle menjadi salah satu mobil terlaris di dunia.
Hyundai
Perusahaan
mobil Korea Selatan ini memiliki slogan 'Drive your way' ini memiliki
logo huruf 'H' dikelilingi bentuk oval -- menggambarkan keinginan kuat
perusahaan untuk mendunia.
Huruf H yang miring dan bergaya,
juga menggambarkan simbol dua orang -- representasi perusahaan dan
pelanggan -- sedang berjabat tangan.
Toyota
Dari kejauhan, logo Toyota mirip huruf 'T' yang berarti 'Toyota'.
Namun, jika diamati lebih dekat, logo mobil Jepang itu terdiri dari tiga bentuk oval.
Dua
oval yang saling bertautan menyerupai huruf 'T' merepresentasikan
hubungan saling menguntungkan dan saling mempercayai antara pelanggan
dan Toyota.
Latar belakang oval yang lebih besar
menggambarkan perkembangan kemajuan teknologi dan kesempatan tak
terbatas bagi perusahaan untuk terus maju.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar